DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), TIME TOKEN DAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS III SDN 3 CEMPAKA BANJARBARU
PENGARANG:RIZKI JUNAIDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

JUNAIDI, RIZKI. 2019. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Kombinasi Model Numbered Head Together (Nht), Time Token Dan Example Non Example Pada Kelas III Sdn 3 Cempaka, Banjarbaru Skripsi Program PG-PSD FKIP ULM Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. H. Kaspul, M.Si.

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Kenampakan Permukaan Bumi, Numbered Head Together (NHT), Time Token, Example Non Example.

Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SDN 3 Cempaka, Banjarbaru pada kelas III yang mengalami permasalahan kesulitan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA. Hal ini disebakan pembelajaran yang belum memberikan kesempatan siswa agar aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu kombinasi model Numbered Head Together (NHT), Time Token dan Example Non Example digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dari dilaksanakannya kombinasi model Number Head Together (NHT), Time Token dan Example Non Example pada kelas III SDN 3 Cempaka, Banjarbaru pada materi kenampakan permukaan Bumi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Cempaka, Banjarbaru pada semester dua (genap) tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A yang berjumlah 25 orang yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengambilan data aktivitas guru dan aktivitas siswa dilakukan dengan teknik observasi dan hasil belajar siswa dengan tes akhir disetiap akhir pertemuan. Indikator keberhasilan siswa tuntas dengan mencapai nilai minimal 70 dan secara keseluruhan sekurang-kurangnya 80% .

Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mendapat skor 23 kategori cukup baik, pada siklus I pertemuan 2 skor 28 kategori baik, pada siklus II pertemuan 1 dengan skor 29 kategori baik dan pada siklus II pertemuan 2 skor 31 kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 keaktifan 52% pada siklus I pertemuan 2 menjadi 64%, siklus II pertemuan 1 menjadi 76%, siklus II pertemuan 2 menjadi 92%. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I ketuntasan 56%, siklus I pertemuan 2 ketuntasan 68%, siklus II pertemuan 1 ketuntasan 88% dan pada siklus II pertemuan 2 ketuntasan 92%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan kombinasi model pembelajaran Number Head Together (NHT), Time Token dan Example Non Example.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI