DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama Dan Moral Dalam Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Menggunakan Kombinasi Model Example Non Example, Snowball Throwing Dan Metode Bercerita Di Kelompok B2 TK Harapan Mama Alalak Tengah Banjarmasin Utara
PENGARANG:MIRNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

Mirna. 2019. Upaya Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama Dan Moral Dalam Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Menggunakan Kombinasi Model Example Non Example, Snowball Throwing Dan Metode Bercerita Di Kelompok B2 TK Harapan Mama Alalak Tengah  Banjarmasin Utara. Skripsi,  Program S1 PG-PAUD FKIP ULM Banjarmasin, Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M. Pd

 

Kata Kunci : Nilai Agama Dan Moral, Perilaku Baik Dan Buruk, Example Non Example Snowball Throwing dan Bercerita

Penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara berlatar belakang pada rendahnya aspek nilai agama dan moral anak dalam membedakan perilaku baik dan buruk dengan persentase 20% yang mendapatkan bintang ??? (Berkembang Sesuai Harapan) dikarenakan Pembelajaran berpusat pada guru, pembelajaran yang monoton dan hanya mengguakan metode ceramah. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan dalam aspek nilai agama dan moralnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan dalam membedakan perilaku baik dan buruk.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang  3 kali pertemuan dalam jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pebnelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Harapan Mama Alalak Tengah Banjarmasin Utara yang berjumlah 15 orang anak. jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatuf dengan aktivitas guru ≥34 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak mencapai ≥81% kategori sangat aktif, dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang ???(Berkembang Sesuai Harapan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model example non example, snowball throwing dan metode bercerita dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 25 meningkat menjadi skor 39 pada pertemuan III dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 40% berkembang pada pertemuan III memperoleh 93% dengan kriteria “Sangat Aktif”, pada hasil pencapaian perkembangan nilai agama dan moral anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 4 orang anak memperoleh  ???(Berkembang Sesuai Harapan)dan 10 anak memperoleh ????(Berkembang Sangat Baik) dengan persentase 93%.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan kombinasi model Example Non Example , Snowball Throwingdan metode Bercerita dapat mengembangkan kemampuan aspelk nilai agama dan moral anak dalam membedakan perilaku baik dan buruk pada anak kelompok B2 TK Harapan Mama Alalak Tengah Banjarmasin Utara” dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan kemampuan aspek nilai agama dan moral anak dalam membedakan perilaku baik dan buruk.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI