DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL JIGSAW, STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS VB SDN SUNGAI JINGAH 4 KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:ADELIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

Adeliyani. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Benda-benda di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Jigsaw, Student Team Achievement Division (STAD) dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas 5B SDN Sungai Jingah 4 Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Jigsaw, Student Team Achievement Division (STAD),Course Review Horay (CRH)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa, siswa malumengemukakan pendapat dan bertanya,siswa tidak bekerjasama dalam  mengerjakan tugas kelompok,siswa malu mempersentasikan hasil dari tugas keompok, siswa tidak mengerjakan tugas individu ataupun kelompok,siswa belum terlatih mengamati suatu gambar dalam pembelajaran. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi Jigsaw, Student Team Achievement Division (STAD), Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.

Penelitian ini dilaksanakan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi terhadap siswa kelas 5B SDN Sungai Jingah4 Banjarmasin  dengan jumlah 29 orang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualiatif diperoleh melalui obserasi guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I 65%, siklus II 80%, siklus III 87,5%, dan siklus IV 95%. Ativitas siswa siklus  I 59,36 dengan kriteria cukup aktif, siklus II 68,85% dengan kriteria aktif, siklus III 83,61% dengan kriteria sangat aktif, dan siklus IV 87,27% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I aspek kognitif 62%, afektif 38%, dan psikomotorik 66%, siklus II aspek kognitif 79%, afektif 79%, dan psikomotorik 83%, siklus III aspek kognitif 90%, afektif 83%, dan psikomotorik 93%, dan siklus IV aspek kognitif 100%, afektif 100%, dan psikomotorik 100%,

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada guru agar menggunakan model-model pembelajaran dalam mengajar untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI