DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak dalam Mengenal Perbendaharaan Kata mengenai Kata Sifat Menggunakan Kombinasi Model Example non Example, Model Talking Stick dan Model Take and Give di Kelompok A PAUD TERPADU AISYIYAH 42 BANJARMASIN
PENGARANG:ERNI SUMINAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


Suminar, Erni. 2019. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak dalam Mengenal Perbendaharaan Kata mengenai Kata Sifat Menggunakan Kombinasi Model Example non Example,  Model Talking Stick dan Model Take and Give di Kelompok A PAUD TERPADU AISYIYAH 42 BANJARMASIN”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci :Bahasa, Mengenal Perbendaharaan Kata mengenai Kata Sifat, Model Example non Example, Talking Stick dan Take and Give. 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aspek Bahasa Anak dalam Mengenal Perbendaharaan Kata mengenai Kata Sifat dikarenakan anak kurang mendengarkan dan memperhatikan saat pembelajaran, anak kurang terlibat dalam pembelajaran dan guru lebih mendominasi bahasa sehingga anak kurang aktif dalam berbahasa. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan dalam kemampuan aspek bahasanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan dalam mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dirancang 4 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD TERPADU AISYIYAH 42 BANJARMASIN yang berjumlah 15 orang anak. Jenis data menggunaakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif  dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan aktivitas guru mencapai ≥30 dengan kategori “sangat baik”,aktivitas anak mencapai ≥76 kategori sangat aktif, dan hasil perkembangan mendapat bintang (((( (Berkembang Sangat Baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Model Example non Example,  Model Talking Stick dan Model Take and Give dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 22 meningkat menjadi skor 36 pada pertemuan IV dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 27% berkembang pada pertemuan IV memperoleh nilai 93% dengan kriteria “Sangat Aktif”, pada hasil pencapaian perkembangan bahasa anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 13 anak memperoleh bintang (((( (Berkembang Sangat Baik) dengan persentase 87%.  Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan kombinasi model Example non Example,  model Talking Stick dan model Take and Give di kelompok A PAUD Terpadu Aisyiyah 42 Banjarmasin dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak mengenal perbendaharan kata mengenai kata sifat akan meningkat” dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pemgembangan kemampuan aspek bahasa anak mengenal perbendaharan kata mengenai kata sifat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI