DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI KELURAHAN SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD AKBAR HIDAYATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

 

 

Muhammad Akbar Hidayatullah, D1B115424, 2019. “ Kualitas Pelayanan Publik Terhadap pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Di Kantor Kelurahan Sungai Ulin Kota Banjarbaru” dibawah bimbingan H. Saifudin selaku pembimbing I dan Abdurrahman pembimbing II.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kantor Kelurahan Sungai Ulin Kota Banjarbaru. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informa kunci Kepala Kelurahan Sungai Ulin, Kasi Analis Pertanahan Kelurahan, dua orang petugas juru ukur Badan Pertanahan Nasional dan masyarakat pengguna layanan. Penelitian ini  menggunakan teknik analisis data yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik terhadap PTSL di Kantor Kelurahan Sungai Ulin Kota Banjarbaru memuaskan hal ini  dilihat dari teori yang digunakan berdasarkan dimensi berikut : Tangible/ Berwujud  memuaskan  aspek yang ada sudah  terpenuhi seperti kelengkapan sarana parkir, fasilitas ruang tunggu, poster alur pelayanan dan alat penunjang pelayanan. Realibility/ Kehandalan cukup optimal /memuaskan sebab dalam aspek memiliki pelayanan yang jelas belum terpenuhi terhadap informasi penerbitan sertifikat belum ada kepastian. Responsiviness/ ketanggapan memuaskan karena aspek terpenuhi. Assurance/ Jaminan cukup memuaskan karena aspek jaminan tepat waktu dalam pelayanan belum ada kepastian informasi yang jelas mengenai penerbitan dan pembagian sertifikat. Empathy/ Empati cukup memuaskan sbab didalam aspek melayani dengan sikap ramah dan sopan santun ada oknum petugas pengukuran yang kurang ramah dalam penyampaian dilapangan, diluar aspek tersebut sudah terpenuhi dan memuaskan.

 

Kepada petugas pengukur PTSL dilapangan untuk menambah sumber daya manusianya dari jumlah 3 orang ditambah lagi 2 orang sehingga mejadi 5 orang agar lebih efektif dalam pelaksanaan pengukuran dilapangan, selain itu juga pemberitahuan  informasi mengenai penerbitan dan pembagian sertifikat PTSL kepada masyarakat harus ada kejelasan tanggal, bulan dan tahunnya agar masyarakat lebih mengetahui kejelasan jaminan informasinya.

 

 

Kata Kunci : Pelayanan, Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, PTSL

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI