DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIKOMBINASIKAN DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VI B SDN SN SUNGAI MIAI 7 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018/ 2019
PENGARANG:RIZANUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


ABSTRAK

 

Rizanudin. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Materi Perkembangbiakan Makhluk HIdup Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dikombinasi dengan Teknik Pembelajaran Mind Mappingpada Siswa Kelas VI B SDN SN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno,M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Perkembangbiakan Makhluk Hidup, Model Discovery Learning, Teknik Mind Mapping.

Salah satu kelemahan pembelajaran IPA pada mayoritas SD selama ini adalah bahwa pembelajaran tersebut lebih menekankan pada penguasaan sejumlah fakta dan konsep, dan kurang memotivasi siswa agar memiliki hasil belajar yang komprehensif. Senada dengan pernyataan tersebut,di SDNSN Sungai Miai 7, siswa kelasVI B pada materi mengenai perkembangbiakan makhluk hidup mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Akibatnya adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VI B SDN SN Sungai Miai 7 Banjarmasin pada mata pelajaran IPA materi perkembangbiakan makhluk hidup.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN SN Sungai Miai 7 Banjarmasin pada siswa kelas VI B dengan jumlah siswa 30 orang tahun ajaran 2018/2019. Faktor yang diteliti adalah faktor guru, siswa dan hasil belajar. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning yang dikombinasikan dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari aktivitas guru di siklus I yang mencapai persentase 80% pada siklus II menjadi 95%. Aktivitas siswa pada siklus I hanya mencapai persentase 60,67% meningkat pada siklus II menjadi 89,33%. Indikator keberhasilan hasil belajar siswa pada siklus I hanya mencapai persentase 66,67% meningkat pada siklus II menjadi 96,67 %.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning yangdikombinasi dengan teknik pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang dikombinasikandengan Mind Mapping sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI