DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH BERKAITAN DENGAN MATERI VOLUME BALOK MENGGUNAKAN KOMBINASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DAN BROKEN SQUARE PADA SISWA KELAS VB SDN KERTAK HANYAR I-3 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD AMINURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang terlalu abstrak dan keterlibatan siswa secara aktif pada saat pembelajaran masih kurang sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Kondisi ini terjadi karena cara belajar yang digunakan kurang variatif dan kurang menarik minat siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu melalui kombinasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan model Group Investigation (GI) dan Broken Square. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis keterampilan siswa sebagai bentuk hasil belajar.

Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VB SDN Kertak Hanyar I-3 Kabupaten Banjar tahun ajaran 2018/2019 mata pelajaran Matematika materi Volume Balok, dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes tertulis secara individu. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik berikut interpretasinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kriteria sangat baik dengan skor 36 pada pertemuan IV. Aktivitas siswa dinyatakan berhasil secara klasikal sebesar 85% dengan kategori sangat aktif pada pertemuan IV. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa secara klasikal memperoleh angka sebesar 100%.

 

 
 

Berdasarkan temuan ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui kombinasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan model Group Investigation (GI) dan Broken Square membuat aktivitas guru berjalan dengan lancar sertadapat meningkatkan aktivitas belajar siswa beserta hasil belajarnya pada mata pelajaran Matematika materi Volume Balok. Disarankan agar penggunaan model tersbut sebagai salah satu dari alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru maupun aktivitas siswa yang berimplikasi pada hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI