DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA KELAS IVB SDN PEMURUS LUAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RAUDATUL JANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


Janah, 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Matematika Materi Pengukuran Sudut Dengan Kombinasi Model Pembelajaran Pengukuran Sudut Menggunakan Kombinasi Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Numbered Head Together (NHT) Pada Kelas IVB SDN Pemurus Luar 1. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, pengukuran sudut, Model Student Teams Achievement Division (STAD), Numbered Head Together (NHT).

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV B SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin pada meteri pengukuran sudut. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran kurang menekankan konsep, rendahnya aktivitas belajar siswa dan pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaarn kurang menarik dan pembelajaran kurang menuntut kerjasama siswa. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui kombinasi model Student Teams Achievement Divisioan dan Numbered Heads Together pada kelas IV B di SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis peningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B semester genap SDN Pemurus Luar 1Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  22 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria baik dan pada siklus II mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria kurang aktif dan pada siklus II mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 45,5%dan pada siklus II mencapai 90,9%. Hal tersebut menunjukkan ketercapaian indikator yang telah ditetapkan.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Student Teams Achievement Divisioan dan Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar pengukuran sudut pada siswa kelas IVB SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. kombinasi model Student Teams Achievement Divisioan dan Numbered Heads Together dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pemilihan model pembelajaran dalam pembelajaran pengukuran sudut serta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI