DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA MELALUI PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN (BISNIS ONLINE) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP ULM
PENGARANG:Islamiah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


Kewirausahaan adalah suatu usaha untuk meningkatkan sumber daya guna menciptakan kreativitas dalam keberhasilan meraih peluang. Dalam hal ini tersirat jelas bahwa kreativitas itu sangatlah penting untuk mengembangkan gagasan dan solusi dalam memecahkan masalah dan menciptakan peluang. Pada umumnya seorang wirausaha memiliki kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak berwirausaha karena memiliki gagasan dalam menciptakan peluang-peluang baru. Salah satu metode yang dapat mengembangkan kreativitas berwirausaha melalui praktik kewirausahaan secara nyata, karena dengan cara praktik mahasiswa mampu mengembangkan ide dan solusi baru tentang wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya mengembangkan kreativitas berwirausaha melalui praktik kewirausahaan pada mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling. Adapun informan yang dipilih yaitu sepuluh mahasiswa pendidikan ekonomi yang menjalankan praktik kewirausahaan (bisnis online). Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini mahasiswa yang telah melakukan praktik kewirausahaan bisnis online mampu mengembangkan kreativitas berwirausahanya dapat dilihat dari tercapainya indikator kreativitas dari adanya bisnis online yaitu menambah rasa ingin tahu untuk berwirausaha, tekun dalam melakukan promosi, percaya diri dengan tidak malu dalam melakukan bisnis online saat promosi produk yang akan dijual, mandiri dengan mendapatkan modal dari hasil menabung uang yang diberikan orang tua, merasa tertantang terhadap persaingan terhadap usaha yang sedang dijalankan, dan tidak takut akan kerugian karena dianggap sebagai pelajaran dan juga pengalaman dan juga mempunyai keinginan untuk mencoba usaha baru. Kesimpulan penelitian adalah kreativitas berwirausaha dapat berkembang melalui praktik kewirausahaan bisnis online. Diharapkan kreativitas berwirausaha ini terus dikembangkan secara optimal melalui praktik kewirausahaan secara langsung.

 

 

Kata Kunci: Kreativitas, Kewirausahaan, Praktik Kewirausahaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI