DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DALAM MENGKOORDINASIKAN MATA DAN TANGAN UNTUK MELAKUKAN GERAKAN YANG RUMIT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B1 TK INSAN KAMIL KECAMATANBANJARMASIN UTARA
PENGARANG:NURLIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


Kata Kunci: Motorik halus,Direct Instruction,Pemberian Tugas,Media Gambar.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan anak dalam mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit terutama dalam kegiatan(Menjiplak,menggunting dan meronce), dikarenakan kurang dilatihnya keterampilan dan anak pasif dalam pembelajaran. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan kaku dalam menggerakkan jari jemarinya serta anak akan kesulitan dalam mengkoordinasikan mata dan tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan capaian perkembangan dalam mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatifyang dirancang dalam 4 kali pertemuan, dimana jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B1 TK Insan Kamil Kecamatan Banjarmasin Utara yang berjumlah 16 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan guru mencapai ≥25 dengan kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai ≥ 82% dengan kategori “Sangat Aktif” dan hasil perkembangan anak mendapat ????(Berkembang Sangat Baik) dengan presentase 100%. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa Kombinasi Model Model Direct Instruction dengan Metode Pemberian Tugas dan Media Gambar dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 15 meningkat menjadi 28 pada pertemuan IV dengan kriteria “Sangat Baik”, Aktivitas Anak memperoleh 44% berkembang pada pertemuan IV memperoleh 94% dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan hasil pencapaian perkembangan kemampuan mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit ada14 anak memperoleh ????(berkembang Sangat Baik dengan Presentase 87%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi “ dengan Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction dengan metode pemberian tugas dan media gambar pada anak kelompok B1 TK Insan Kamil Kecamatan Banjarmasin Utara” dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dengan pengembangan aspek motorik halus dalam mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI