DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM REVITALISASI EKONOMI LAHAN GAMBUT DI DESA SUNGAI NAMANG KECAMATAN DANAU PANGGANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:R AHMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


Partisipasi masyarakat merupakan faktor sangat penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan program revitalisasi ekonomi, hal tersebut disebabkan masyarakat menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan program revitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi masyarakat terhadap program revitalisasi ekonomi lahan gambut di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan tahapan partisipasi masyarakat terdiri dari tahap perencanaan program yaitu masyarakat selalu dilibatkan dalam program melalui menyampaikan ide/saran/pendapat karena ide dan saran dari masyarakat sangat diperlukan untuk tahap perencanaan program. Tahap pelaksanaan kegiatan program masyarakat selalu dilibatkan dalam memberikan pendapat/pengalaman untuk mengembangkan program, masyarakat dilibatkan dalam memelihara sarana dan prasarana serta terlibat dalam kegiatan pelatihan program demi kesuksesan suatu program baik dalam hal tenaga dan pikiran. Tahap evaluasi program masyarakat selalu dilibatkan dalam kegiatan rapat evaluasi. Tahap pemanfaatan hasil semua masyarakat yang mengikuti program ikut dalam menikmati manfaat hasil dari program.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI