DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN BANJARMASIN BARAT DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI
PENGARANG:ADITYA DWIKI DIMASANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


ABSTRAK

ADITYA DWIKI DIMASANDI. NIM A1D115202 2019.Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Se Kecamatan Banjarmasin Barat Ditinjau Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr.Sunarno Basuki Drs, M.Kes. (II) Drs.Perdinanto, M.Pd.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui tingkat kesegaran Jasmani peserta didik sekolah menengah pertama se-kecamatan Banjarmasin Barat ditinjau dari sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Metode yng digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan Peserta didik dari dua sekolah yang berada di kecamatan Banjarmasin Barat yaitu SMP Negeri 12 Banjarmasin  dan SMP Negeri 33 Banjarmasin. Dengan jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik  usia 13 – 15 tahun kelas VII putra dan putri SMP Negeri  berjumlah 260 Orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang, peserta didik dengan rentang usia 13-15 tahun dan kelas VI, yang terdiri dari 27 putra dan 13 putri.

            Data yang terkumpul selama pembuatan skripsi ini adalah data hasil pelaksanaan tes TKJI serta Komponen Kekuatan dari hasil tersebut dapat diketahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik dari dua sekolah yang berada di kecamatan banjarbaru Barat : SMP Negeri 12 Banjarmasin dan SMP Negeri 33 Banjarmasin Tingkat kesegaran jasmani peserta didik dengan kategori Kurang Sekali (KS)  berjumlah 11 peserta didik dengan presentasi 27,5%. Tingkat kesegaran jasmani peserta didik dengan kategori Kurang (K) berjumlah 23 peserta didik dengan presentasi 57,5%.Tingkat kesegaran jasmani peserta didik dengan kategori Sedang (S) berjumlah 6 peserta didik dengan presentase 15%. Tingkat kesegaran jasmani peserta didik dengan kategori Baik (B) berjumlah 0 peserta didik dengan presentasi 0%. Tingkat kesegaran jasmani peserta didik dengan kategori Baik Sekali (BS) berjumlah 0 peserta didik dengan presentase 0%. Untuk hasil sarana dan prasarana pendidikan jasmani 2 sekolah tersebut berkategori : SMP Negeri 12 Banjarmasin Kurang dan SMP Negeri 33 Banjarmasin Cukup.

            Kesimpulan Penelitian adalah tingkat kesegaran jasmani peserta didik SMP Negeri se-kecamatan Banjarmasin Barat sebagian besar banyak berkategori kurang.

Kata kunci: Analisis, Tingkat kebugaran jasmani, Sarana dan prasarana pendidikan jasmani.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI