DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH KELAS VA SDN TABING RIMBAH 1 BARITO KUALA
PENGARANG:NORMA YUNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


ABSTRAK

Yunita, Norma. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping dan Make A Match Kelas VA SDN Tabing Rimbah 1. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Kaspul, M.Si

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping dan Make A Match.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa pasif dan cenderung bekerja secara individu dan pembelajaran terkesan membuat siswa menghapal sehingga pembelajaran tidak bermakna mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VA SDN Tabing Rimbah 1. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan tidak menggunakan model-model pembelajaran, pada poses belajar anak tidak mengacu pada pembelajaran yang berpikir kritis. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar yaitu menggunakan Kombinasi model Model Group Investigation, Mind Mapping dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualiyas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian di kelas VA semester 2SDN Tabing Rimbah 1 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 20. Teknik analisis data kualitatif untuk aktivitas guru dan siswa, serta data kuantitatif untuk hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah dinyatakan berhasil apabila aktivitas guru memperoleh skor 19 dengan kriteria “Minimal Baik”, aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥85% dengan kriteria “Aktif” dan “Sangat Aktif” dan ketuntasan hasil belajar individual mencapai  ≥70 serta secara klasikal dinyatakan tuntas apabila ≥85% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru Siklus I mendapat skor 24 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II mendapat skor 28 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat dari kriterian cukup aktif dengan persentase 63,15% dan menjadi ssangat aktif pada siklus II dengan persentase 100%. Ketuntatasn hasil belajar kognitif pada siklus I terdapat 68,42% meningkat pada siklus II menjadi 100%, hasil afektif pada siklus I 52,63% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%  dan hasil psikomotorik Siklus I dengan persentase 68,42% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada tema Lingkungan Sahabat Kita kelas VA SDN Tabing Rimbah 1 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Disarakan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya tema lingkungan sabahat kita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI