DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KETERAMPILAN MENULIS INFORMASI PENTING TEKS NONFIKSI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, THINK TALK WRITING DAN MIND MAPPING PADA KELAS V SDN TATAH MESJID 2 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:WIWID MAKMURIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


Permasalahan yang terjadi adalah rendahnya aktivitas siswa pada keterampilan menulis yang disebabkan oleh beberapa hal, yaitu siswa sulit memahami materi pelajaran, siswa kurang aktif, siswa belum mampu menggorganisasikan ide-ide, dan kurangnya kerja sama antar siswa sehingga berimbas kepada hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Think Talk Writing dan Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis dan kuantitatif diperoleh melalui teknik tes. serta analisis data berupa deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tatah Mesjid 2 Kabupaten Barito Kuala tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah 21 orang siswa.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 21 dengan kriteria “Cukup Baik” kemudian terus mengalami peningkatan sampai di pertemuan 4 memperoleh skor 33 dengan kriteria “Sangat Baik”. Untuk aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 52,38% siswa yang mendapatkan kriteria “Aktif” dan “Sangat Aktif” dan mengalami peningkatan sampai ke pertemuan 4 dengan persentase 85,71%. Keterampilan menulis siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 23,81% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 90,48%, sedangkan untuk hasil belajar pada pertemuan 1 secara klasikal mencapai persentase ketuntasan sebesar 25,37% terus mengalami peningkatan sampai ke pertemuan 4 dengan persentase ketuntasan 96,83%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Think Talk Writing dan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V SDN Tatah Mesjid 2 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan kombinasi model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI