DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Perilaku Belajar Mandiri (Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Se Kota Banjarbaru)
PENGARANG:YUANITA DIAN PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar mandiri dilihat dari faktor internal terdiri dari bertanggung jawab, disiplin, motivasi, percaya diri, dan inisiatif terhadap hasil belajar. Metode deskriptif digunakan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 302siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes prestasi belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi, dilanjutkan dengan korelasi parsial.Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: perilaku belajar mandiri dilihat dari faktor internal terdiri dari bertanggung jawab, disiplin, motivasi, percaya diri, dan inisiatif secara bersama berpengaruh positif namun lemah terhadap hasil belajar siswa, hasil ini ditunjukkan dengan harga Ry=0,25 dengan p<0,01 dan determinasi (R2)= 0,0625 atau 6,25%. Perilaku belajar dipengaruhi secara berturut-turut oleh faktor internal: 1) disiplin dengan ry=0,15; p<0,01, 2) motivasi ry=0,06; p<0,01, 3) inisiatif ry=0,03; p>0,10,dan dipengaruhi secara negatif oleh 4) bertanggung jawab ry=-0,14; p>0,10 dan 5) percaya diri ry=-0,08; p>0,10.

 

Kata Kunci : perilaku, belajar mandiri, hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI