DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN SCRAMBLE DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA KELAS IV SDN PASAR LAMA 6 BANJARMASIN
PENGARANG: WARIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


ABSTRAK

Warida. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Muatan IPS Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dikombinasikan dengan Scramble dan Course Review Horay pada kelas IV SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. Noorhpizah, ST., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, IPS, Group Investigation, Scramble, dan Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada muatan IPS. Permasahalan ini dikarenakan pembelajaran yang abstrak, berjalan satu arah dan monoton serta tidak adanya variasi dalampembelajaran sehingga membuat aktivitas belajar siswa rendah, kurangnya keaktifan siswa, kurangnya kerja sama antar siswa, cenderung bekerja secara individu dan rendahnya motivasi untuk belajar, mudah merasa bosan dalam pembelajaran, kurangnya berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu di adakan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation dikombinasikan dengan Scramble, dan Course Review Horay dengan tujuan mengetahui kualitas aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar pada muatan IPS kelas IV SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indicator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai rentanag skor 34-40 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai rentang 82%-100% siswa berada pada kkriteria “Sangat Aktif”, dan hasil belajar siswa dianggap tuntas belajarnya apabila siswa memperoleh nilai ≥ 65 dan secara klasikal mencapai ≥ 80% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 65.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif. Pada hasil belajar sudah mencapai idikator ketuntasan baik secara individu maupun klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation dikombinasikan dengan Scramble dan Course Review Horay dapat mneingkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan IPS pada kelas IV SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI