DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS VA SDN ANTASAN KECIL TIMUR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


ABSTRAK

 

Aisyah. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PKn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) Pada Kelas VA SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Head Together dan Course Review Horay.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif, tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, kurangnya antusias siswa dalam mengemukakan pendapat dan pembelajaran bersifat satu arah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VA SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin Muatan PKn Kurikulum 2013. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran satu arah. Peneliti menggunakan kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together dan Course Review Horay untuk permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VA SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin tahun 2018/2019, jumlah 24 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitati diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi teknik pengukuran tes tertulis secara indvidu. Analisis data berupa deskriptif kualitatif dengan cross tabel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria “cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria “kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria “cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteriaaktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 41,7%, pertemuan II mencapai 62.5%, pertemuan III mencapai 79,2%, dan pertemuan IV mencapai 95,8%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI