DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA CITA-CITAKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN PAIR CHECKS DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SUNGAI BESAR KOTA BANJARBARU
PENGARANG:NANDA YUNIKA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-22


Nanda Yunika Sari, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Subtema Aku dan Cita-Citaku Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Pair Checks dan Numbered Head Together (NHT) pada Siswa kelas IV SDN 1 Sungai Besar Kota Banjarbaru. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Suhaimi, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, Kombinasi Model Group Investigation, Pair Checks Numbered Head Together (NHT) Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang aktif dan kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran serta model yang digunakan tidak menarik dan bervariasi sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya meningkatkan Hasil Belajar siswa yaitu dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Pair Checks dan Numbered Head Together (NHT) pada penelitian tindakan kelas di SDN 1 Sungai Besar Kota Banjarbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 1 Sungai Besar Kota Banjarbaru tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Data analisis dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kritria sangat baik. dan pertemuan IV mencapai kritria sangat baik Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria sangat aktif ada 54% siswa, pertemuan II mencapai kriteria sangat aktif ada 64 % siswa, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif ada 75% dan pertemuan IV mencapai kritria sangat aktif ada 85%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai 64%, pertemuan II mencapai 78%, dan pertemuan III mencapai 93% dan pertemuan IV mencapai 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Pair Checks dan Numbered Head Together (NHT) pada aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih strategi pembelajaran PPKn.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI