DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM MERINGKAS TEKS EKSPLANASI SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN DIRECT INTRUCTIONS (DI) DAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUNGAI BESAR BANJARBARU | |
PENGARANG | : | REZKA MAULIDA RAHMY | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-10-22 |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keetrampilan siswa
dalam menulis ringkasan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan
karena siswa kurang memahami materi menulis ringkasan, kurangnya minat dan
motivasi siswa pada pembelajaran siswa kurang teliti dan kurang terlibat aktif
dalam pemebelajaran untuk memahami dan menyelesaikan tugas, dan aktivitas
pembelajaran lebih banyak di dominasi guru. Upaya yang dilakukan adalah dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dikombinasikan
dengan model Direct Intructions (DI) dan Think Talk Write (TTW).
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Sungai Besar pada siswa kelas V dengan jumlah
siswa 23 orang tahun ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan
berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui melalui
teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh
dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan
dalam empat kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia dengan menggunakan kombinasi model Problem Based
Learning, Direct Intructions, dan Think Talk Write terlaksana dengan kriteria
“sangat baik” dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sudah lebih
meningkat yang mencapai kriteria “aktif dan sangat aktif, begitu juga hasil belajar
siswa yang mengalami peningkatan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru
terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar
siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning, Direct Intructions,
dan Think Talk Write sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan
sebagai satu pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran Bahasa Indonesia
tentang materi menulis ringkasan.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI