DIGITAL LIBRARY



JUDUL:METODE PEMBELAJARAN MUSIK SINOMAN HADRAH DI DESA SUNGAI LIMAS KECAMATAN HAUR GADING KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:RIDHA ANNAJMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


ABSTRAK

Annajmi, Ridha.2018.           Metode Pembelajaran Musik Sinoman Hadrah di Desa Sungai Limas Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (1) Sumasno Hadi, S.Pd., M.Phil, (2) Muhammad Nazamudin, M.Pd

 

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Musik Hadrah

 

            Penelitian ini berkenaan dengan Metode Pembelajaran Musik Sinoman Hadrah.  Peneliti mengangkat masalah Metode pembelajaran dan Media pembelajaran, musik Sinoman Hadrah. Tujuan penelitian mendeskripsikan (1) Mendeskripsikan metode pembelajaran musik Sinoman Hadrah di Desa Sungai Limas Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (2) Mendeskripsikan media pembelajaran musik Sinoman Hadrah yang diterapkan di Desa Sungai Limas Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif.

            Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti adalah observasi lapangan, wawancara terhadap narasumber yang berkenaan dengan penelitian dan dokumen. Dokumentasi berupa foto yang menjadi bukti fisik yang mendukung penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, mengklarifikasi dan mendeskripsikan data serta menganalisis data.

            Musik Sinoman Hadrah merupakan musik bernuansa islami dengan instrumen terdiri dari tarbang, kaprak, katapung, tam, tamborin yang tersebar di Kalimantan Selatan salah satunya di Desa Sungai Limas Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pembelajaran musik Sinoman Hadrah di Desa Sungai Limas Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara menggunakan metode (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) tanya-jawab; (4) latihan (drill); dan (5) penugasan.

            Media pembelajaran pada musik Sinoman Hadrah dilihat dari jenisnya dapat dibagi empat jenis (1) media audio (2) media visual (3) media audiovisual (4) media sarbaneka.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI