DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan Ips Materi Karakteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping, dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Tanjung Rema Kabupaten Banjar
PENGARANG:HERMAN ANSYARI AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


Permasalahan dalam penelitian ini berupa kurangnya keaktifan, pembelajaran bersifat satu arah, dan Pembelajaran kurang menarik untuk siswa dalam mengikuti pembelajaran, solusi untuk permasalahan ini adalah dengan menerapkan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping, dan Talking Stick. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping, dan Talking. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat kali pertemuan dengan setting penelitian di kelas IV semester genap SDN Tanjung Rema, jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  aktivitas guru pada pertemuan I mendapatkan kriteria cukup baik terus meningkat hingga pertemuan IV yang mendapatkan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I terdapat 27% siswa yang mendapatkan kriteria kurang aktif, hasil yang didapatkan terus meningkat hingga pertemuan IV terdapat 86% siswa mendapatkan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan I mencapai 55%,  hasil belajar siswa yang mendapatkan kriteria tuntas secara klasika terus meningkat hingga pertemuan IV mencapai 86%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, dan Hasil Belajar meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI