DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN KERTAK HANYAR 1-2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:EIKA SRI WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


Sri, Eika Wahyuni. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Tema Panas dan Perpindahannya Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Team Assisted Individually (TAI) dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas V SDN Kertak Hanyar 1-2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Rusmansyah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Panas dan Perpindahannya, Model Problem Based Learning (PBL), Team Assisted Individually (TAI), Course Review Horay (CRH) dan Aktivitas siswa.

Masalah yang terjadi di kelas V SDN Kertak Hanyar 1-2 Kabupaten Banjar yaitu Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran IPA yang hanya ceramah, mencatat dan menghapal. Siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Kurangnya kerjasama antarsiswa. Pembelajaran yang  berlangsung monoton dalam penyampaiannya di kelas, tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat suatu karya dan pengalaman belajar atau pengembangan kreatfitasnya yang  lebih bermakna secara langsungsehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Solusi yang diberikan untuk masalah tersebut adalah menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Team Assisted Individually (TAI) dan Course Review Horay (CRH.) dengan tujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Kertak Hanyar 1-2 yang berjumlah 23 siswa dengan 12 orang siswa laki-laki, dan 11 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah data kualitatif berupa hasil observasi Aktivitas guru dan Aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif berupa tes atau soal evaluasi untuk hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk grafik dan tabel, lalu diinterpretasi dengan menggunakan kriteria masing-masing indikator keberhasilan masing-masing aktivitas guru, aktivitas siswa serta tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Aktivitas guru pada Siklus I pertemuan 1 skor 29 dengan kriteria “Baik” meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 39 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil aktivitas siswa pada siklus I secara klasikal pada pertemuan 1 memproleh 50% meningkat pada siklus II yaitu 95,2% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal pada aspek kognitif mencapai persentase 72,7% meningkat pada siklus II klasikal memperoleh  persentase 95,2% siswa yang tuntas. Pada aspek afektif meningkat dari 40,9% menjadi 90,5%. Sedangkan pada aspek psikomotorik meningkat dari 40,9% menjadi 95,2%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Kertak hanyar 1-2 meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada guru agar penelitian ini dapat digunakan sebagai alternative untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI