DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Pengolahan Data Menggunakan Model Direct Instruction, Kombinasi Course Review Horay dan Student Facilitator and Explaining Kelas V SDN 3 Cempaka Banjarbaru
PENGARANG:N URHAMISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


ABSTRAK

Nurhamisah. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Pengolahan Data Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction Kombinasi, Model Course Review Horay dan Model Student Facilitator and Explaining Kelas V SDN 3 Cempaka Banjarbaru” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Darmiyati, S.Pd, M.Pd.

Kata kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Pengolahan Data, Direct Instruction Kombinasi, Course Review Horay, dan Student Facilitator and Explaining 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa materi pengolahan data. Hal ini dikarenakan pembelajaran bersifat satu arah; pembelajaran kurang menarik, menyenangkan, serta kurang bermakna; tidak menuntut siswa untuk berpikir kritis; dan proses pembelajaran bersifat abstrak. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan ini maka digunakanlah model pembelajaran Direct Instruction kombinasi, Model Course Review Horay dan Model Student Facilitator and Explaining pada proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengidentifikasi aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa pada materi pengolahan data.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian dilaksanakan dikelas V SDN 3 Cempaka Banjarbaru, semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisa data menggunakan rata-rata dan presentase penskoran.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 skor yang diperoleh adalah 73.1, pada pertemuan 2 menjadi 75, dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 90.4, pada pertemuan 4 menjadi 96,2 dengan kriteria ‘sangat baik’. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mendapatkan 46,1% siswa pada ketori aktif dan sangat aktif, pertemuan 2 meningkat yaitu mencapai 61.6%,  pertemuan 3 meningkat lagi menjadi 73,1% dan pertemuan 4 meningkat menjadi 84.6% dengan kategori ‘Sangat Aktif’. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 menempatkan 50%, meningkat pada pertemuan 2 menempatkan 65,4%, meningkat lagi pada pertemuan 3 menempatkan 76.9%, dan pada pertemuan 4 nilai siswa kembali menimgkat hingga 84,6% siswa yang tuntas. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif, dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan baik berdasarkan individu maupun klasikal. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model Direct Instruction Kombinasi, Course Review Horay, dan Student Facilitator and Explaining sebagai alternatif dalam memilih suatu model pembelajaran untuk pembelajaran matematika atau pembelajaran lainnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI