DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM BELAJAR-MENGAJAR DI SD NEGERI BANGKAU KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:RESTU ASTUTI AMALIA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-08


Kata Kunci: kesantunan, bahasa Indonesia, belajar-mengajar
Kesantunan berbahasa adalah etika dalam bersosialisasi di masyarakat dengan pemilihan nkata yang baik dan memperhatikan orang yang diajak bicara . rumusan masalah penelitian ini: pertama, bagaimana wujud kesantunan interaksi guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar di SD Negeri Bangkau Kabupaten HSS. Kedua, bagaimana strategi kesantunan interaksi guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar di SD Negeri Bangkau Kabupaten HSS. Ketiga, bagaimana fungsi kesantunan interaksi guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar di SD Negeri Bangkau Kabupaten HSS. Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi objektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa tuturan interaksi guru dan siswa kelas 1-6 SD Negeri Bangkau. Data tuturan diperoleh dari hasil perekaman antara guru dan siswa yang kemudian ditranskripkan.
Hasil penelitian wujud kesantunan dalam data yang ditemukan berjumlah empat jenis. (1) memerintah; (2) menolak; (3) mengkritik; (4) memuji. Strategi kesantunan ada tuga jenis. (1) strategi kesantunan positif; yaitu melalui penggunaan kata sapaan yang berusaha membuat mitra tuturnya merasa akrab. (2) strategi kesantunan negatif, yaitu memebrikan pilihan kepada mitra tuturanya. (3) strategi off record, yaitu menggunakan isyarat daripada peritnah langsung. Fungsi kesantunan ada empat fungsi: (1) kompetitif, (2) konvival, (3) kolaborasi, (4) bertentangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI