DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas pemanfaatan koperasi sekolah terhadap hasil belajar siswa program keahlian pemasaran diSMK Bina Banua Banjarmasin.
PENGARANG:AHMAD IRWANDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


Koperasi Sekolah merupakan faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar. Koperasi sekolah yang baikmengajarkan siswa dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat dari pembelajaran sehingga siswa mendapat pengalaman nyata dalam bidangnya dan dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Untuk mengetahui pemanfaatan koperasi sekolah, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran penataan barang dagang dan (3) Pengaruh Koperasi terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Penataan Barang Dagang kelas XI dan XII Pemasaran diSMK Bina Banua Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif  assosiatif untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan koperasi sekolah  terhadap hasil belajar siswa, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 750 siswa, dengan jumlah sampel yang ditarik sebanyak 144 siswa menggunakan tehnik pengambilan data purposive sample. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis statistik dan analisis korelasi product moment.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gambaran Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran penataan barang dagang di SMK Bina Banua Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 132 siswa dinyatakan tuntas diatas KKM dan 12 siswa dinyatakan tidak tuntas karena dibwah KKM dan sebanyak 72 siswa kelas XI dan XII pemasaran mendapat nilai 90 – 100 dengan kreteria istimewa artinya koperasi sekolah mempengaruhi hasil belajar sebagian besar siswa pada mata pelajaran penataan barang dagang. (2) Gambaran Koperasi Sekolah di SMK Bina Banua Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 71,20% dengan kategori tinggi, artinya koperasi sekolah di SMK Bina Banua Banjarmasin mendukung dalam proses pembelajaran. sehingga Terdapat pengaruh pemanfaatan koperasi sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMK Bina Banua Banjarmasin sebesar 0,433 (43%)  ditetapkan pada kategori sedang.

 

Kata Kunci: Koperasi Sekolah, Hasil Belajar Siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI