DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PELAJARAN IPS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INQUIRI, PROBLEM BASED LEARNING, DAN TALKING STICK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MELAYU 2 BANJARMASIN”.
PENGARANG:AKHMAD SHOLIHIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


ABSTRAK

Sholihin, Akhmad. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Pelajaran Ips Pada Pembelajaran Tematik Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Inquiri, Problem Based Learning, Dan Talking Stick Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Melayu 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

Kata Kunci: Hasil Belajar,Inquiri, Problem Based Learning, dan Talking Stick.

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kepercayaan diri siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS tema Kayanya Negeriku kelas IV SDN Melayu 2 Banjarmasin. Disebabkan pembelajaran yang di lakukan menggunakan model terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui kombinasi Model Inquiri, Problem Based Learning, dan Talking Stick.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV  A semester genap SDN Melayu 2 Banjarmasintahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  26. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I mendapat skor 70.83. Siklus II mendapat skor 75. Siklus III mendapat skor 80 dan pada siklus IV mendapatkan skor 91.6. Sementara pada Aktivitas siswa pada siklus I dengan skor 49.85. Siklus II dengan skor 69.23, Siklus III dengan skor 98.46 dan Siklus IV dengan skor 100. Ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif siklus I dengan skor 73.08%. Siklus II dengan skor 76.92%. Siklus III dengan skor 80.77% dan Siklus IV dengan skor 84.62%. Pada aspek afektif siklus I mencapai 38.46%, siklus II mencapai 57.69%, siklus III mencapai 69.23% dan siklus IV mencapai 84.61%. Pada aspek psikomotorik siklus I mencapai 11.54%, suklus II mencapai 30.77, siklus III mencapai 61.54 dan siklus IV mencapai 88.46%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Model Inquiri, Problem Based Learning, dan Talking Stick. dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

            

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI