DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS VB SDN BARAMBAI KOLAM KIRI 3 KAB. BARITO KUALA
PENGARANG:DWI ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


ABSTRAK

 

Astuti, Dwi. 2019. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PKn Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Value Clarification Technique (VCT) dan Team Games Tournament (TGT) di Kelas VB SDN Barambai Kolam Kiri 3  Kab. Barito Kuala

 

Kata-kata kunci: Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Value Clarification Technique (VCT), Team Games Tournament (TGT).

Permasalan dalam penelitian ini adalah siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, pembelajaran tidak bermakna, belum berbasis nilai, berisfat monoton, dan tidak menantang. Berdasarkan data laporan hasil belajar siswa mingguan diketahui bahwa dari 18 siswa hanya 33,33% yang mampu mencapai KKM ³65. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Value Clarification Technique (VCT) dan Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 pertemuan. Dilaksanakan di kelas VB SDN Kolam Kiri 3 Kab. Barito Kuala tahun ajaran 2018/2019 pada muatan PKn tema benda-benda di sekitar kita. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif berupa hasil observasi guru dan siswa serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh kriteria baik, adapun pada pertemuan 2, 3 dan 4 mencapai kritera sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan 1 keaktifan hanya mencapai 37,5%, pada pertemuan 2 menjadi 50%, pada pertemuan 3 mencapai 81,25% dan pertemuan 4 mencapai 100%. Hasil belajar siswa pun menunjukkan peningkatan dimana pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hanya 37,5%, pada pertemuan 2 manjadi 50%, pada pertemuan 3 mencapai 75% dan pada pertemuan 4 mencapai 100%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning(PBL), Value Clarification Technique (VCT) dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. disarankan agar penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI