DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT)dan Course Review Horay (CRH)Pada Siswa Kelas V di SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin
PENGARANG:NOVIA ALIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah belum dilaksanakannya pendekatan dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakter IPA di kelas V SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin. Hal ini yang mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang bermakna, satu arah, monoton, dan terkesan membuat siswa menghafal. Hal itu memberikan dampak berupa banyaknya siswa yang hasil belajarnya masih dibawah criteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin dengan jumlah siswa 19 orang. Jenis data yang digunakan dalam PTK ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. Data penelitian dihasilkan dari data kualitatif yang didapat melalui instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dan data kuantitatif yang didapat melalui teknik pengukuran berupa tes tertulis siswa secara individu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada awal siklus I memperoleh skor 41 dengan kriteria “Baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 60 “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada awal siklus I memperoleh 42,1% dengan kriteria “Kurang Aktif” dan meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan dari 36,8% yang tuntas pada awal siklus I dan kemudian menjadi 89,5% yang tuntas pada siklus II

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI