DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Tipe Model Group Investigation Dikombinasi dengan Model Numbered Head Together dan Model Course Review Horay Siswa Kelas IV SDN Tambak Baru Ilir
PENGARANG:NUR HAFIZHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


ABSTRAK

Hafizhah, Nur 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Tipe Model Group Investigation Dikombinasi dengan Model Numbered Head Together dan Model Course Review Horay Siswa Kelas IV SDN Tambak Baru Ilir”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd.

Kata kunci: Meningkatkan Aktivitas Belajar, Kayanya Negeriku, Group Investigation, Numbered Head Together, dan Course Review Horay.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, yang menyebabkan siswa kurang mengetahui konteks actual, kurang aktif, dan cepat merasa bosan saat belajar, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambak Baru Ilir muatan IPS Tema Kayanya Negeriku. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu melalui kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together, dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam empat pertemuan, dengan setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN  Tambak Baru Ilir Kabupaten Banjar, tahun 2018/2019 semester 2 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan tes tertulis untuk hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila berada pada kategori “Sangat Baik”, dan aktivitas siswa secara klasikal berada pada kategori “Sangat Aktif”, siswa dianggap tuntas secara klasikal mancapai ≥82% dari keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥70. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru berhasil dengan kategori “Sangat Baik” dengan skor 44, aktivitas siswa juga dinyatakan berhasil dengan kategori “Sangat Aktif” dengan persentase 90% siswa berada pada kategori “Sangat Aktif” dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal dinyatakan berhasil dengan persentase 95% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal ketuntasan ≥70. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation Kombinasi Numbered Head Together dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar siswa, sehingga dapat disarankan untuk guru menggunakan ketiga model ini dalam pembelajaran di kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI