DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM KETERAMPILAN BERBICARA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL THINK-PAIR-SHARE KOMBINASI THINK, TALK, WRITE DAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V SDN 3 SYAMSUDIN NOOR BANJARBARU
PENGARANG:RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


ABSTRAK

Rahmawati. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar dalam Keterampilan Berbicara Tema Lingkungan Sahabat Kita menggunakan Model Think-Pair-Share, Kombinasi Think, Talk, Write, dan Picture And Picture Siswa Kelas V SDN 3 Syamsudin Noor Banjarbaru. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

 

Kata kunci : Aktivitas Belajar, Keterampilan Berbicara, Think-Pair-Share (TPS), Think Talk Write (TTW), Picture And Picture.

Permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas V SDN 3 Syamsudin Noor pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah rendahnya aktivitas belajar siswa tentang materi menguraikan urutan peristiwa pada teks non fiksi. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif pada saat diskusi materi menguraikan urutan peristiwa pada teks non fiksi sehingga membuat hasil belajar siswa tidak tercapai. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu melalui model Think-Pair-Share, Kombinasi Think, Talk, Write, dan Picture And Picture guru dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam keterampilan berbicara manguraikan urutan peristiwa pada teks non fiksi mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Metode penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN 3 Syamsudin Noor Banjarbaru tahun ajaran 2018/2019 pelajaran Bahasa  Indonesia tentang menguraikan urutan peristiwa. Jumlah siswa 28 orang terdiri dari 9 orang siswa dan 19 orang siswi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa serta data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis yang diadakan pada akhir pertemuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi kategori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 96%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aktivitas Belajar dalam Keterampilan Berbicara Tema Lingkungan Sahabat Kita menggunakan Model Think-Pair-Share, Kombinasi Think, Talk, Write, dan Picture And Picture Siswa Kelas V SDN 3 Syamsudin Noor Banjarbaru meningkat. Disarankan agar model ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnyapada materi menguraikan urutan peristiwa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI