DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN SUBTEMA 1 KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) KOMBINASI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DAN MODEL TALKING STICK DI KELAS IV A SDN SEKUMPUL KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RIDHAN FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKN materi Kewajiban dan Hak terhadap Sumber Energi yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena siswa belum mampu berpikir kritis dan mencari informasi dalam rangka pemecahan masalah, pembelajaran yang berlangsung satu arah dan jarang menggunakan model pembelajaran inovatif. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Inside Outside Circle kombinasi Means Ends Analysis dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4A semester genap SDN Sekumpul Kabupaten Banjar tahun ajaran (2018/2019) dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 12 siswa dan 8 siswi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan tipe penelitian cmpuran yang diinterpretasikan dengan analisis data dan tabel analisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria “baik” dengan skor 22, pertemuan II mencapai kriteria “sangat baik” dengan skor 26, dan pertemuan III mencapai kriteria “sangat baik” dengan skor 30. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I mecapai 50% dengan kriteria “cukup aktif”, pertemuan II mencapai 69% dengan kriteria “aktif”, dan pertemuan III  mencapai 88% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan I mencapai 65%, pertemuan II 75%, dan pertemuan III 90%.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle kombinasi dengan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA)dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga hipotesis dapat diterima. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pertimbangan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI