DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL JIGSAW, THINK TALK WRITE (TTW) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS 4 SDN MALIMALI MARTAPURA
PENGARANG:NEYNY ARIYA HARDITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


Permasalahan dalam penelitian iniadalah rendahnyahasilbelajar siswa pada mata pelajaranIPAmaterisumber energi. Hal ini  dikarenakan siswa tidak biasa mengkonkretkan materi, siswa kurang antusias, tidak terbentuknya sikap ilmiah, guru belum memberikan model pembelajaran yang tepat.HaliniterbuktidapatdilihatdarinilaihasilulanganIPAdikelasIV padatahunajaran2015/2016yang memperolehnilaidibawahkriteriaketuntasan minimalyaitu70dari22orang siswarata-rata60%dinyatakantuntasbelajardan rata-ratayang tidaktuntassebanyak40%. Oleh karena ituuntukmeningkatkanhasilbelajarpada kelas  4SDNMalimali Martapura melalui  kombinasimodel Jigsaw,Think Talk Write (TTW)dan Make A Match. Penelitianbertujuan untuk mengetahui aktivitasguru,aktivitas siswa, dan hasil belajar siswasecarakognitif, dalam pembelajaranIPA.

Penelitiantindakan kelas inimenggunakan pendekatan kualitatif danjenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakanKelas (PTK). Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa padaaktivitasgurupadasiklusImendapatkan kriteria Baik”, meningkat pada siklus II menjadiSangatBaik”. Aktivitassiswa juga mengalami peningkatanpada siklus I mendapatkankriteriaAktif, meningkat menjadi “SangatAktif pada siklusII.Ketuntasan hasilbelajarsiswasecarakognitifpadasiklusIterdapat52%siswadanmeningkat padasiklusII menjadi83%siswayangtuntas. Disimpulkanbahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan hasil belajar yang tepat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI