DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN PPKN MATERI KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN TIMUR 12 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD SHALEH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran, kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa rendah, serta minat dan motivasi siswa rendah untuk mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Kelayan Timur 12 Banjarmasin tema Lingkungan Sahabat Kita muatan PPKn. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui model Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis atau meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Kelayan Timur 12 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak 28  siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 54%, pertemuan II mencapai 71%, pertemuan III mencapai 79%, dan pertemuan IV mencapai 93%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Teams Games Tournament (TGT)dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan model tersebut ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI