DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL THINK PAI AND SHARE (TPS), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DI KELAS IV SDN PANGERAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:DEVI ADLINA MAZAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


ABSTRAK

Mazaya, Devi Adlina.2019. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Think Pair And Share, Numbered Head Together  Dan Teams Games Tournaments di Kelas IV SDN Pangeran 2 Banjarmasin.  Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Matematika, Think Pair And Share, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournaments.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran terpusat pada guru, proses pembelajaran bersifat verbal, dan kurangnya interaksi antar siswa. Peneliti menggunakan kombinasi model Think Pair And Share, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournaments untuk permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sifat-sifat Bangun Ruang Sederhana menggunakan kombinasi Think Pair And Share, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournaments di kelas IV SDN Pangeran 2 Banjarmasin.

Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Pangeran 2 Banjarmasin.pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 15 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Baik” atau “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Aktif” atau “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 53,3% dengan kategori “Cukup Aktif” pada pertemuan 1 menjadi 86,6% dengan kategori “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 33,3% kemudian meningkat menjadi 86,6% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan kombinasi model Think Pair And Share, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournaments pada mata pelajaran Matematika Materi Sidat-sifat Bangun Ruang Sederhana. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika Materi Sifat-sifat Bangun Ruang pada Kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI