DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS 4 SDN BERANGAS TIMUR 2 BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD IHSAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-23


Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman pada teks bacaan di SDN Berangas Timur 2 Barito Kuala disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya pembelajaran yang masih cenderung berorientasi pada transfer pengetahuan semata dengan model yang kurang bervariasi, pembelajaran yang kurang menekankan praktik langsung mengakibatkan banyak siswa yang kurang bisa menguasai teknik-teknik dalam menggali informasi pada suatu teks bacaan, dan pembelajaran yang kurang menyajikan kegiatan yang menarik. Untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku di SDN Berangas Timur 2 Barito Kuala.

Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setting penelitian adalah kelas 4 SDN Berangas Timur 2 Barito Kuala tahun 2018/2019, dengan jumlah 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Jenis data yang dipakai adalah data kualitatif dan kuantitatif dimana data kualitatif didapatkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif didapatkan melalui hasil belajar yang diambil menggunakan tes secara berkelompok dan evaluasi belajar.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus II pertemuan 2 mendapatkan kategori sangat baik dengan skor 32. Aktivitas siswa siklus II pertemuan 2 mendapatkan kategori sangat aktif dengan persentase 100%. Hasil belajar siswa siklus II pertemuan 2 yaitu mencapai 100%.

Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT) dan Make A Matchdapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dan hipotesis diterima. Disarankan penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI