DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU, MUATAN PPKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION, DIKOMBINASIKAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUNGAI LUMBAH 2 BARITO KUALA
PENGARANG:AHMAD YUDHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


ABSTRAK

Yudha, Ahmad. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku, Muatan PPKn Materi Hak Dan Kewajiban Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) Dan Scramble Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Lumbah 2 Barito Kuala”. Skripsi, Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar. Hak dan Kewajiban. Model Group Investigation, Numbered Heads Together Dan Scramble.

 

Latar belakang masalah yang terjadi adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang disebabkan pembelajaran masih bersifat satu arah dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Mengakibatkan siswa menjadi pasif dan cepat bosan. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu menggunakan Model Group Investigation (GI),dikombinasikan Numbered Heads Together (NHT) Dan Scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema Kayanya Negeriku, Muatan PPKn  Materi Hak Dan Kewajiban menggunakan kombinasi Model Group Investigation , Numbered Heads Together dan Scramble Pada Siswa Kelas IV di SDN Sungai Lumbah 2 Barito Kuala tahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 3 (tiga) pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Lumbah 2 Barito Kuala tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 8 orang siwa laki-laki dan 12 orang siswi perempuan. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, dan pertemuan III mencapai kritria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 55%, pertemuan II mencapai 75%, dan pertemuan III mencapai 90%.

Disimpulkan bahwa Model Group Investigation, dikombinasikan Numbered Heads Together dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Tema Kayanya Negeriku, Muatan PPKn materi Hak dan Kewajiban di kelas IV SDN Sungai Lumbah 2 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada Muatan PPKn materi Hak dan Kewajiban.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI