DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, MODEL SNOWBALL THROWING DAN METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK B DI TK BUDI MULIA II KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:HENNY DWI HARTANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


Hartanti, Henny Dwi. 2019. Meningkatkan Kemampuan Aspek Sosial Emosional Anak dalam Bersikap Kooperatif menggunakan kombinasi Model Picture And Picture, model Snowball Throwing dan metode Tanya Jawab pada Anak Kelompok B di TK Budi Mulia II Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi S1, Program Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd

Kata Kunci:Sosial Emosional, Bersikap kooperatif dengan teman, Model Picture And Picture, model Snowball Throwing dan metode Tanya Jawab.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan aspek sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman. Hal ini karena anak kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, model/metode belajar yang digunakan kurang bervariasi karena hanya menggunakan buku cetak, anak kurang memahami penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan meningkatkan kemampuan anak dalam bersikap kooperatif dengan teman menggunakan kombinasi model Picture And Picture, model Snowball Throwing dan metode Tanya Jawab pada anak kelompok B di TK Budi Mulia II Kecamatan Banjarmasin Utara

Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Subyek dalam penelitian pada peserta didik TK Budi Mulia II Kecamatan Banjarmasin Utara kelompok B yang berjumlah anak 15 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan dalam pengembangan sosial emosional anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak memenuhi kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat melaksanakan pembelajaran menggunakan kombinasi model Picture And Picture, model Snowball Throwing dan metode Tanya Jawab dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik, (2) aktivitas anak saat mengikuti pembelajaran mendapat kriteria sangat aktif (3) hasil perkembangan aspek sosial emosional anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan bintang ««« dan «««« atau berkembang sangat baik (BSB).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi model Picture And Picture, model Snowball Throwing dan metode Tanya Jawab, karena dapat meningkatkan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI