DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASI DENGAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN KUIN SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NAZARINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


Nazarina. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Dikombinasi dengan Two Stay-Two Stray (TS-TS) dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas V SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Two Stay-Two Stray (TS-TS) dan Course Review Horay (CRH).

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa belum mampu menemukan serta membangun pengetahuan sendiri, ketidakseimbangan transfer pengetahuan dan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar Muatan IPA pada siswa kelas V SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin. Hal ini disebabkan pembelajaran hanya berpusat  pada guru, kemampuan memahami materi siswa berbeda-beda dan pelaksanaan pembelajaran, media dan metode yang monoton. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu menggunakan model Inkuiri Terbimbing Dikombinasi dengan Two Stay-Two Stray (TS-TS) dan Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dlaksanakan pada empat pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 33 orang. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan ≥85% dari jumlah seluruh siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 2,3 dan 4 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Cukup Aktif”, meningkat pada pertemuan 2, 3 dan 4 dengan kriteria “Sangat Aktif”. Pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada  hasil gabungan ranah Kognitif dan Psikomotorik memperoleh 51,5%. Pertemuan 2 ketuntasan klasikal hasil belajar memperoleh 66,7%. Pertemuan 3 ketuntasan klasikal hasil belajar memperoleh 87,9%. Pertemuan 4 ketuntasan klasikal hasil belajar memperoleh 96,9%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa model Inkuiri Terbimbing Dikombinasi dengan Two Stay-Two Stray (TS-TS) dan Course Review Horay (CRH) diterapkan pada tema Benda-Benda di Sekitar Kita, maka hasil belajar Muatan IPA pada siswa kelas V SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin meningkat dan disarankan kepada guru dapat mengelola model pembelajaran IPA dengan terampil untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI