DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SDN ALALAK SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:EFIANA CRISSTIA NINGRUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


Ningrum Crisstia,Efiana. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Course Review Horay Pada  Kelas V SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

Kata kunci: Kayanya Negriku, kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di kelas V SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin, yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan Pembelajaran bersifat satu arah, Kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar, pembelajaran kurang menarik serta kurang bermakna bagi siswa. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa muatan IPS tema Lingkungan Sahabat Kita maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru, mengetahui aktivitas siswa, dan mengetahui hasil belajar siswa kelas V SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin.

Penelitian ini dilaksanakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilaukan dengan menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis individu pada setiap kali akhir pembelajaran. Indikator keberhasilan PTK ini adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individu dengan skor nilai sama atau diatas KKM atau ≥70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥81% dari seluruh siswa dikelas, serta aktivitas guru dapat mencapai kriteria ”sangat baik” dan aktivitas siswa dapat mencapai aktivitas “sangat aktif” dan aktif ≥81%

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada aktivitas guru dari cukup baik menjadi sangat baik, pada aktivitas siswa dari cukup aktif menjadi sangat aktif siswa meningkat menjadi 36% menjadi 84% dan hasil belajar siswa meningkat dari 29% menjadi 87%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dengan model pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Course Review Horay meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada guru agar menggunakan model-model pembelajaran dan hasil belajar siswa sehingga menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI