DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN TALKING STICK DI KELAS IVB SDN SEMANGAT DALAM 3 BARITO KUALA
PENGARANG:MISNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


Misnawati. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA pada Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Talking Stick di kelas IVB SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs.Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Sumber Energi, Group Investigation (GI), Two Stay Two Stray (TS-TS), Talking Stick

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran tematik Tema Kayanya Negeriku, yang berakibat pada hasil belajar siswa yang berada di bawah KKM sekolah yaitu 65. Hal tersebut dikarenakan kurangnya aktivitas siswa yang disebabkan oleh pembelajaran cenderung tidak melibatkan siswa, pembelajaran yang masih kurang bermakna, serta kurangnya media. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku di kelas IVBSDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala maka dilakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar siswa kelas IVB SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Two Stay Two Stray (TS-TS),dan Talking Stick.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 pertemuan. Setting penelitian untuk kelas IVB SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala, berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa sertates hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 28 (baik), pertemuan 2 memperoleh skor 32 (sangat baik), pertemuan 3 memperoleh skor 34 (sangat baik), pertemuan 4 memperoleh skor 35 (sangat baik). Untuk aktivitas siswa pada pertemuan 1 sebesar 73%, pada pertemuan 2 sebesar  78,6%, pada pertemuan 3 sebesar 90,3% dan pertemuan 4 menjadi sebesar 96,9%. Sedangkan hasil belajar pertemuan 1 ketuntasan klasikalnya yaitu 48,3%, pada pertemuan 2 yaitu 67,9%, kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan 3 ketuntasan klasikalnya yaitu 83,9% dan pada pertemuan 4 yaitu 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Group Investigation (GI), Two Stay Two Stray (TS-TS),dan Talking Stickpada siswa kelas IVB SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala dapat terlaksana dengan kriteria sangat baik pada aktivitas guru, aktivitas siswa mengalami peningkatan hingga mencapai kriteria sangat aktif dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan hingga mencapai ketuntasan hasil belajar yang signifikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI