DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektifitas Metode Demostrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Sulaman Pita pada Anak Tunarungu Kelas VII/B di SMPLB YPLB Banjarmasin
PENGARANG:LYSTIA ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


ABSTRAK

 

Lystia Anggraini. A1F115052. 2019 Efektifitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Sulaman Pita Pada Anak Turnarungu Kelas VII/B Di SMPLB YPLB Banjarmasin. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus.  Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I : H Fauzul Adhim, M.Pd dan Pembimbing II :Machmud Fauzi, M.Pd

 

Kata Kunci: Metode demonstrasi, Sulaman pita, Anak tunarungu

 

Permasalahan pada penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya keterampilan menyulam pada anak tunarungu, saat pembelajaran keterampilan menyulam terlihat siswa masih belum bisa, bahan yang digunakan juga masih belum lengkap dan disamping itu, tenaga pengajar yang mengajarkan mengenai keterampilan menyulam hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga peneliti disini menggunakan metode demonstrasi dalam membuat sulaman pita yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan membuat sulaman pita pada anak tunarungu kelas  VII/B di SMPLB YPLB Banjarmasin.

Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan penelitian pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian anak tunarungu berjumlah 4 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, angket dan tes. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan dengan tabel Check List yang berhubungan dengan kemampuan keterampilan menyulam dengan membuat sulaman pita. Teknik analisis data menggunakan rumus nilai akhir berdasarkan pada skor yang diperoleh anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 48,13% sedangkan rata-rata nilai post-test adalah 91,17%. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan keterampilan membuat sulaman pita pada anak tunarungu kelas  VII/B di SMPLB YPLB Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI