DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEDIA BONEKA KEROPPI TERHADAP BINA DIRI MEMASANG BAJU BERKANCING PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV SDLB B/C DHARMA WANITA BANJARMASIN
PENGARANG:NADIA YASMIN
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-01-09


Kata Kunci : Media, Bina Diri, Anak Tunagrahita


Kemampuan bina diri pada anak tunagrahita sedang memang harus di
arahkan dan dilatih karena anak tunagrahita tidak harus selalu bergantung kepada
orang lain. Anak masih belum mampu memasang kancing karena anak masih
belum bisa fokus atau sabar saat memasang baju berkancing sehingga orang tua
selalu membantu saat anak menggunakan baju berkancing Hal ini mendorong
peneliti untuk mencoba menggunakan media boneka keroppi dalam mengajarkan
bina diri memasang baju berkancing pada anak tunagrahita agar anak lebih
mandiri dalam berpakaian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yaitu dengan rancangan
metode yang digunakan adalah Single Subjek Research (SSR) atau sering disebut
dengan Penelitian Subjek Tunggal. Desain yang digunakan dalam penelitian ini
adalah desain A-B. Anak dalam penelitian ini adalah siswa Tunagrahita kelas IV
SDLB B/C Dharma Wanita Banjarmasin, dengan satu subjek yang bernama
Nadya Madina. Sistem Pencatatan kejadian (Observasi, Wawancara,
Dokumentasi). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
visual dalam kondisi antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan bina diri anak ada perubahan yang
signifikan dan membawa pengaruh baik. Data poin tertinggi pada kondisi
baseline
(A) anak dapat memasang 3 kancing dari 5 kancing baju dan kecenderungan
stabilitas mencapai 50% (Tidak Stabil). Data point tertinggi pada kondisi
intervensi (B) anak dapat memasang 4 kancing dari 5 kancing baju dan
kecenderungan stabilitas mencapai 66,6% (Stabil). Ini membuktikan bahwa ada
pengaruh baik terhadap kemampuan bina diri anak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI