DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perilaku Politik Masyarakat Dalam Memilih Pemimpin Perempuan (Studi Kasus Pilkada Bupati 2017 di Kec Kotawaringin Lama Kab Kotawaringin Barat)
PENGARANG:N OVI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


 

ABSTRAK

 

Perilaku politik masyarakat dalam pilkada Bupati pada tahun 2017 menghasilkan pemimpin perempuan Bupati perempuan pertama yang ada di Kotawaringin Barat. Penelitian bertujuan untuk menggambarkan bagaimana perilaku politik masyarakat dalam memilih pemimpin perempuan dan faktor apa saja yang berpengaruh di masyarakat dalam memilih pemimpin perempuan di kecamatan Kotawaringin Lama.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian yaitu deskriptif. Informan penelitian adalah Hj Nurhidayah ( Bupati perempuan pertama), tim sukses Hj Nurhidayah, tokoh masyarakat dan masyarakat Kotawaringin Lama.

Adapun  hasil penelitian yang menunjukan bahwa perilaku politik masyarakat dalam memilih pemimpin perempuan yaitu pertama pendekatan sosiologis yaitu faktor kesamaan daerah, gender dan prefensi politik dilingkungan keluarga, kedua pendekatan psikologis yaitu faktor ketokohan dari kandidat  dan hubungan emosional antara pemilih dan kandidat, ketiga teori pendekatan pilihan rasional yaitu faktor orientasi visi-misi berdasarkan ketertarikan pemilih terhadap visi-misi yang ditawarkan kandidat dan orientasi kandidat berdasarkan dari kualitas kandidat, masyarakat yang tidak menerima money politic saat pilkada juga menunjukan perilaku yang rasional.

Disarankan oleh peneliti harusnya : (1) Perlu adanya penyelenggaraan  sosialisasi politik oleh pemerintahan ataupun partai politik  sehingga masyarakat lebih sadar akan kesetaraan politik dan aktif dalam kegiatan politik, (2) diadakan pendidikan politik kepada semua masyarakat Kotawaringin Lama secara menyeluruh agar menjadi pemilih yang cerdas dan dampak  dari pilihannnya membawa Indonesia lebih baik.

 

Kata Kunci: Perilaku Politik, Pemimpin Perempuan, Pemilihan Kepala Daerah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI