DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V D SDN SEMANGAT DALAM 2 BARITO KUALA
PENGARANG:NURUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


ABSTRAK

 

Jannah, Nurul. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Bahasa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble pada Siswa Kelas V D SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.

Kata Kunci: Membaca Pemahaman, CIRC, TSTS, Scramble.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar pada keterampilan membaca pemahaman tema peristiwa dalam kehidupan muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas V D SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala. Penyebabnya yaitu cakupan materi pembelajaran cukup luas, pembelajaran kurang menuntut pastisipasi siswa dan pembelajaran kurang menarik, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasinya dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V D SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah 20 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble, aktivitas guru mencapai skor 32 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa mencapai 95% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V D SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI