DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN DENGAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS IV SDN JAWA 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SITI NOOR JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi pengukuran sudut.Pendekatanyang digunakan ialah penelitian kualitatifdengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa sudah berhasil dan mencapai indikator ketuntasan baik secara individu maupun klasikal.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dikombinasikan dengan Explicit Instruction dan Numbered Head Togetherdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa materi pengukuran sudut.

 

Kata kunci:

Aktivitas Belajar, Pengukuran Sudut, Problem Based Learning, Explicit Instruction, Numbered Head Together

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI