DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKn TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SDN KUIN SELATAN 4 BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:ENDAH PUJI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


Lestari, Endah. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Muatan PPKn Tema Lingkungan sahabat Kita dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), Two Stay Two Stray (TSTS), dan Snowball Throwing Di Kelas V SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin Barat. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, PPKn, Problem Based Learning (PBL), Two Stay Two Stray (TSTS), dan Snowball Throwing.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada muatan PPKn tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran siswa yang pembelajaran bersifat teacher centered learning, tidak adanya keterlibatan siswa dalam proses  pemerolehan pengetahuan, kurangnya interaksi, dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan kurang  menarik karena tidak adanya  media. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran dengan tujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dlaksanakan pada empat pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 33 orang. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan ≥80% dari jumlah seluruh siswa.

Hasil penelitian  menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 32 dengan kategori “Baik”, meningkat pada pertemuan 2 memperoleh skor 37, pertemuan 3 dengan skor 39, dan pertemuan 4 memperoleh skor 41 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 27% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 82% dengan kategori “Aktif dan Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa (aspek kognitif) pada pertemuan 1 ketuntasan klasikalnya hanya 48% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 88%.

Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Two Stay Two Stray (TSTS), dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru dan kepala sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan PPKn Tema Lingkungan Sahabat Kita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI