DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH DIBANTU DENGAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS V SDN WASAH TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:MAEMUNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


 

Maemunah. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-jaring Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match dibantu dengan Media Manipulatif pada Siswa Kelas V SDN Wasah Tengah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Jaring-jaring Bangun Ruang, Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Make a Match, Media Manipulatif.

 

Penilitian ini dilakukan karena rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Jaring-jaring Bangun Ruang. Hal ini disebabkan siswa belum bisa berpikir secara kritis, rendahnya interaksi antar siswa, dan siswa kurang semangat dan mudah bosan. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Make a Match dibantu dengan Media Manipulatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wasah Tengah pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 22 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari hasil obsevasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif berupa hasil evaluasi belajar siswa.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan menjadi sangat aktif. Begitu juga hasil belajar siswa yang terus meningkat dalam setiap pertemuan dan telah mencapai ketuntasan yang telah ditentukan.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa meningkat dengan Sangat Aktif, dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan baik secara individu maupun klasikal. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dalam memilih model pembelajaran pada mata pelajaran Matematika materi Jaring-jaring Bangun Ruang di kelas V.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI