DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL PADA PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) MUARA TEWEH KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:Amalia Rahmi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


ABSTRAK

 

 

Amalia Rahmi, D1B114055, 2019, Implementasi Kebijakan Program Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Dibimbing oleh Drs.H.Apriansyah, M.Si selaku pembimbing I dan Pathurrahman, S.Sos, MA selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari peraturan kebijakan yang dibuat pemerintah mengenai Progam Jaminan Kesehatan Nasional dengan fokus penelitian terhadap pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang di rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi. Penelitian menggunakan teori dari George C Edward III untuk mengukur keberhasilan dari implementasi kebijakan, yaitu dilihat dari faktor: komunikasi, sumber daya, disposisi atau sikap pelaksana dan struktur birokrasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan program Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh sudah terlaksanakan dengan baik, khususnya di wilayah Kabupaten Barito Utara. Meskipun kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional belum menjangkau seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Barito Utara, tetapi program ini sudah memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan ikut serta dalam program Jaminan Kesehatan Nasional, setidaknya masyarakat membantu mengurangi resiko kesehatan yang buruk di Indonesia.

Disarankan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh agar meningkatkan kinerja petugas kesehatan dan kepegawaian, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, meningkatkan standar dan mutu sehingga derajat kesehatan juga semakin meningkat.

 

 

Kata kunci: Implementasi, Kesehatan, Jaminan Kesehatan Nasional

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI