DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SDN KELAYAN TIMUR 12 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD HANAFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


Hanafi, Muhammad. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku dengan Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Teams Games Tournament (TGT) di Kelas 4 SDN Kelayan Timur 12 Banjarmasin. Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:  Dr. Sulistiyana, S. Pd., M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Heads Together, dan Teams Games Tournament.

Permasalahan siswa dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penyebab dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu pembelajaran yang satu arah, siswa belum terbiasa berdiskusi kelompok dalam memecahkan masalah dan pembelajaran yang monoton. Peneliti menggunakan kombinasi model Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Teams Games Tournament (TGT) untuk permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku muatan IPS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas 4 SDN Kelayan Timur 12 Banjarmasin pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 26 orang. Data Kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ≥27 dalam kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥80% siswa dalam kriteria “Aktif dan Sangat Aktif”. Data Kuantitatif diperoleh berdasarkan hasil belajar dari tes akhir dengan penggunaan soal tertulis. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 dan secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 56% siswa dengan kriteria “Aktif dan Sangat Aktif” pada pertemuan 1 menjadi 92% dengan kriteria “Aktif dan Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 44% kemudian meningkat menjadi 96% pada pertemuan 4.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas dalam penelitian ini berhasil dan hipotesis dapat diterima yaitu jika pembelajaran pada tema Daerah Tempat Tinggalku dengan muatan IPS menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Teams Games Tournament (TGT) maka aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas 4 SDN Kelayan Timur 12 Banjarmasin meningkat. Disarankan kepada guru di SDN Kelayan Timur 12 Banjarmasin khususnya pada muatan IPS dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Teams Games Tournament (TGT).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI