DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA FIKSI SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DIKOMBINASIKAN DENGAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS 4 SDN ANTASAN SENOR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RIZQI NURLITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


ABSTRAK

 

Nurlita, Rizqi. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Menceritakan Kembali Cerita Fiksi Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Menggunakan Model Pembelajaran Artikulasi dikombinasikan dengan Explicit Instruction dan Talking Stick pada Siswa Kelas 4 SDN Antasan Senor Kabupaten Banjar” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd.

 

Kata kunci:  Menceritakan Kembali Cerita Fiksi, Model Artikulasi, Explicit Instruction, dan Talking Stick.

 

Penelitian ini dilaksanakan karena masih kurangnya keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali cerita fiksi. Hal ini disebabkan siswa masih kurang memahami dan menguasai isi cerita, kurangnya minat, motivasi dan percaya diri siswa dalam bercerita dan kurang terlibat aktifnya siswa dalam pembelajaran.. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Artikulasi dikombinasikan dengan Explicit Instruction dan Talking Stick.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Antasan Senor Kabupaten Banjar dengan jumlah siswa 15 orang pada tahun ajaran 2018/2019. Teknis analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa. Penelitian dinyatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai skor 22-28 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai skor 17-20 dengan kriteria sangat aktif, dan pada hasil belajar untuk aspek afektif, kognitif dan psikomotorik mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi yang dikombinasikan model Explicit Instruction dan Talking Stick ini dapat meningkatkan  aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada aspek afektif, kognitif maupun psikomotorik. 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi yang dikombinasikan model Explicit Instruction dan Talking Stick sehingga penelitian ini dapat disarankan untuk guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya agar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk pemilihan model pembelajaran di Sekolah 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI